Indeks Kepuasan Masyarakat Per Unsur Layanan
Pengolahan data SKM menggunakan excel template olah data SKM dan diperoleh hasil sebagai berikut :
Analisis Permasalahan/Kelemahan dan Kelebihan Unsur Layanan
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa :
1. Indeks Kepuasan Masyarakat Desa Sidamulya adalah 83,90 dengan Mutu Pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan “BAIK”.
2. Unsur Pelayanan dengan nilai terendah yaitu Transparansi (2,97) , Integrasi (2,97).
3. Sedangkan tiga unsur layanan dengan nilai tertinggi yaitu produk dan Biaya / tarif (3,86).
Adapun kondisi permasalahan/kekurangan dari unsur pelayanan dapat digambarkan sebagai berikut :
· Waktu penyelesaian layanan menurut pasien masih cukup lama. Hal ini sebanding dengan meningkatnya jumlah kunjungan pasien. Upaya perbaikan yang dilakukan oleh Desa Sidamulya adalah dengan menambah entry point pelayanan.
· Persyaratan pelayanan menurut masyarakat masih cukup rumit. Hal ini disebabkan oleh Desa Sidamulya Jauh Dari Kecamatan
Sistem mekanisme dan prosedur pada beberapa layanan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan regulasi. Namun tampilan pada media informasi belum diperbarui, sehingga mayarakat belum memahami.
No. |
Unsur Prioritas |
Nilai |
Hasil Analisa SKM |
Rencana Tindak Lanjut |
Tindak Lanjut Yang Sudah Dilaksanakan |
Waktu |
Dokumentasi |
1 |
Transparansi |
2,97 |
Belum Ada Daftar Pelayanan |
Membuat Daftar |
Membuat Daftar |
1 Bulan |
|
|
|
|
|
Pelayanan |
Pelayanan |
|
|
|
|
|
|
Masing-Masing |
|
|
|
|
|
|
|
Pelayanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|