INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMERINTAH DESA SIDAMULYA

  Indeks Kepuasan Masyarakat Per Unsur Layanan

Pengolahan data SKM menggunakan excel template olah data SKM dan diperoleh hasil sebagai berikut :


  Analisis Permasalahan/Kelemahan dan Kelebihan Unsur Layanan

Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa :

1.    Indeks Kepuasan Masyarakat Desa Sidamulya adalah 83,90 dengan Mutu Pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan “BAIK”.

2.    Unsur Pelayanan dengan nilai terendah yaitu Transparansi  (2,97) , Integrasi (2,97).

3.    Sedangkan tiga unsur layanan dengan nilai tertinggi yaitu produk dan Biaya / tarif (3,86).

 

Adapun kondisi permasalahan/kekurangan dari unsur pelayanan dapat digambarkan sebagai berikut :

·         Waktu penyelesaian layanan menurut pasien masih cukup lama. Hal ini sebanding dengan meningkatnya jumlah kunjungan pasien. Upaya perbaikan yang dilakukan oleh Desa Sidamulya adalah dengan menambah entry point pelayanan.

·         Persyaratan pelayanan menurut masyarakat masih cukup rumit. Hal ini disebabkan oleh Desa Sidamulya Jauh Dari Kecamatan

Sistem mekanisme dan prosedur pada beberapa layanan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan regulasi. Namun tampilan pada media informasi belum diperbarui, sehingga mayarakat belum memahami.

 

No.

Unsur Prioritas

 

Nilai

 

Hasil Analisa SKM

Rencana Tindak Lanjut

Tindak Lanjut Yang Sudah

Dilaksanakan

 

Waktu

 

Dokumentasi

1

Transparansi

2,97

Belum Ada Daftar Pelayanan

Membuat Daftar

Membuat Daftar

1 Bulan

 

 

 

 

Pelayanan

Pelayanan

 

 

 

 

 

Masing-Masing

 

 

 

 

 

 

Pelayanan